id="fb-root"> expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Translate

Laman

Kamis, 17 Desember 2015

Daftar Paroki di Keuskupan Surabaya Part 1


     Keuskupan Surabaya adalah sebuah keuskupan yang meliputi wilayah Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Cepu, Blora, Kediri, Rembang, Madiun, Nganjuk, Ngawi, dan sekitarnya dan berpusat di Kota Surabaya. Untuk menambah wawasan kalian, pada postingan kali ini admin akan memberikan daftar paroki di Keuskupan Surabaya tidak termasuk stasi-stasinya. Berikut adalah daftarnya. 


Kevikepan Surabaya Utara

1.Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria, Kepanjen, Surabaya

Telah diketahui bahwa paroki ini merupakan gereja tertua di Kota Surabaya dan memiliki daya tarik tersendiri baik dalam bidang sejarah maupun arsitekturnya. Gereja ini terletak di Jalan Kepanjen no 4-6 Surabaya ini juga terletak di kawasan kota tua Surabaya sehingga selain mengikuti misa kita juga dapat berwisata sejarah di sekitar gereja ini.

2.Paroki Kristus Raja, Ketabang, Surabaya

Paroki Kristus Raja merupakan salah satu paroki yang terletak di daerah Tambaksari dan Taman Remaja. Paroki ini juga merupakan salah satu paroki tertua di Kota Surabaya, selain itu gereja ini juga memiliki arsitektur yang unik sebab memiliki unsur inkulturasi budaya jawa, gotik, maupun modern. 

3.Paroki Ratu Pencinta Damai, Pogot, Surabaya

Paroki ini terletak di Jalan Pogot Baru no 77-79 Surabaya. Untuk menemui paroki ini tak begitu sulit sebab bangunannya yang mencolok dibandingkan bangunan lain, dinding merah serta atap tinggi merupakan salah satu ciri khas gereja ini.

4.Paroki Santa Maria Tak Bercela, Ngagel, Surabaya

Paroki ini terletak di Jalan Ngagel Madya no 1 Surabaya. Salah satu keunikan dari gereja ini adalah ketiga menaranya yang menjulang serta Gua Maria nya yang modern. Lokasinya pun tak sult untuk ditemukan tepatnya berada di ujung jalan sehingga sangat mudah jika ingin mengunjungi gereja ini.

5.Paroki Santo Marinus Yohanes, Kenjeran, Surabaya

Paroki Santo Marinus Yohanes terletak tak jauh dari Pantai Kenjeran tepatnya berada di Jalan Memet Sastrawirya no 1 Surabaya. Dari segi arsitektur, bangunan gereja ini menggunakan arsitektur modern, uniknya beberapa ornamen gereja dan altar menggunakan inkulturasi budaya jawa. 

6.Paroki Santo Mikael, Tanjung Perak, Surabaya

Bagi kalian yang bertempat tinggal di daerah Tanjung Perak, pasti telah mengenal paroki yang satu ini. Gereja ini terletak di Tanjung Sadari no 49 Surabaya. Salah satu fakta menarik dari gereja ini adalah gereja ini memiliki seorag penjaga yang setia dan lucu yaitu seekor anjing. Selain itu, daya tarik lain di paroki ini adalah pastor parokinya Rm Noel Villafuerte, SDB yang selain ramah, kotbahnya selalu mengena dan tidak membosankan.

7.Paroki Santo Vincentius A Paulo, Widodaren, Surabaya

Paroki ini termasuk salah satu paroki tertua di Surabaya. Setelah renovasi beberapa tahun yang lalu, wajah paroki ini semakin indah terutama interior gereja. Gereja ini terletak di Jalan Widodaren no 15 Surabaya.


Kevikepan Surabaya Selatan

1.Paroki Gembala Yang Baik, Jemur Andayani, Surabaya

Gereja ini awalnya merupakan wilayah dari Paroki Santo Yohanes Pemandi, Surabaya. Keunikan dari gereja ini adalah fasilitasnya yang lengkap diantaranya: Ruang Adorasi, Grotto/Gua Maria yang bersih, lift/elevator, dan lain-lain. Gereja ini terletak di Jalan Jemur Andayani no 14 Surabaya yang merupakan daerah yang tenang sehingga berdoa di tempat ini akan terbebas dari kebisingan kota.

2.Paroki Hati Kudus Yesus, Katedral Surabaya

Paroki Hati Kudus Yesus adalah Katedral Keuskupan Surabaya yang juga merupakan tempat dimana bapak uskup tinggal. Sebagai katedral tak heran bahwa fasilitas di gereja ini lengkap seperti Ruang Adorasi, Gua Maria, Kantin, Museum, dan lain sebagainya. Disekitar gereja ini juga dikelilingi oleh sekolah-sekolah katolik mulai dari TK hingga SMA.

3.Paroki Roh Kudus, Purimas, Surabaya

Paroki Roh Kudus adalah paroki yang berada di daerah perumahan tepatnya di Jalan I Gusti Ngurah Rai no 97 Surabaya. Gereja ini memiliki arsitektur modern yang menakjubkan baik eksterior maupun interiornya. Gereja ini sangat nyaman baik bangkunya, tempat berlutut, ruangan ber AC, dll.

4.Paroki Salib Suci, Tropodo, Sidoarjo

Paroki ini terletak di Jalan Wisma Tropodo, Waru, Sidoarjo. Paroki ini memiliki arsitektur yang unik terutama atapnya dan banyak ornamen lainnya. Di dekat gereja ini juga terdapat Panti Bakti Luhur yang dikelola oleh suster-suster Alma yang dapat dikunjungi untuk menyumbang atau membantu penghuni panti.

5.Paroki Santa Maria Annuntiata, Sidoarjo

Paroki Santa Maria Annuntiata adalah paroki yang menjadi tempat ibadah bagi umat di wilayah Kota Sidoarjo. Paroki ini terletak di Jalan Monginsidi no 13 Sidoarjo.

6.Paroki Santo Paulus, Juanda, Sidoarjo

Paroki ini sebenarnya berada di wilayah Kota Sidoarjo, namun karena posisinya yang dekat dengan Surabaya maka tak sedikit yang menganggapnya berada di Kota Surabaya. Paroki ini memiliki arsitektur modern yang unik karena di pintu masuk gereja terdapat gapura merah yang merupakan perpaduan budaya. Gereja ini diberkati oleh Duta Besar Vatikan Mgr Malcolm A Ranjith pada 20 Agustus 2005.

7.Paroki Santo Yohanes Pemandi, Wonokromo, Surabaya

Paroki Santo Yohanes Pemandi berada di wilayah Wonokromo Surabaya tepatnya di Jalan Gadung no 15 atau di dekat RSAL Dr Ramelan. Gereja ini sedang berada dalam tahap renovasi, meskipun begitu, keindahan gereja ini tetap terlihat terutama pada Gua Maria yang sangat tenang.

     Silahkan klik lanjutannya di Daftar Paroki di Keuskupan Surabaya Part 2



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...